Proyek JJLS Kelok 18 Disebut Akan Menguntungkan Warga Sekitar

Sabtu, 16 Juli 2022 – 10:13 WIB
Proyek JJLS Kelok 18 Disebut Akan Menguntungkan Warga Sekitar - JPNN.com Jogja
Jembatan kretek II sebagai penghubung JJLS di Bantul. Foto: Antara/Pemkab Bantul

jogja.jpnn.com, BANTUL - Pemerintah pusat saat ini sedang membangun proyek Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Kelok 18 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

JJLS Kelok 18 nantinya akan membentang dari Kabupaten Bantul hingga ke Gunungkidul.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menilai proyek itu nantinya akan menguntungkan masyarakat sekitar karena dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Kami diminta untuk membantu meng-clear-kan tanahnya bersama Pemda DIY dan tentu JJLS ini sangat membantu pertumbuhan ekonomi di Bantul," katanya.

JJLS di wilayah Bantul telah terbangun dari barat atau wilayah Srandakan yang berbatasan dengan Kabupaten Kulon Progo hingga wilayah Parangtritis, Kretek, yang berbatasan dengan Kabupaten Gunungkidul.

Rencananya pemerintah pusat akan melanjutkan pembangunan JJLS di DIY dari Bantul ke Gunungkidul dengan jalan kelok 18 mengikuti kondisi perbukitan.

JJLS Kelok 18 rencananya sudah bisa diresmikan pada 2024 mendatang.

Dengan adanya JJLS Kelok 18, kata Halim, akan berdampak pada kebangkitan ekonomi karena selain terdapat rest area, spot wisata, jalur tersebut juga akan dilalui kendaraan dari dan menuju ke Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo dari jalur selatan.

JJLS Kelok 18 akan membentang dari Bantul hingga ke Gunungkidul. Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyebut kehadiran JJLS akan menguntungkan masyarakat sekitar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News