Koperasi di Yogyakarta Sudah Modern, tetapi Minim Keterlibatan Anak Muda

Selasa, 19 Juli 2022 – 21:37 WIB
Koperasi di Yogyakarta Sudah Modern, tetapi Minim Keterlibatan Anak Muda - JPNN.com Jogja
Seminar Koperasi di Kota Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Di Kota Yogyakarta saat ini tedapat 364 koperasi yang aktif dan terus dipantau perkembangannya oleh pemerintah setempat.

Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta ingin agar lebih banyak koperasi yang bertransformasi menjadi lebih modern.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto mengatakan bahwa saat ini sudah ada lima koperasi modern di Kota Jogja.

Salah satu ciri koperasi modern adalah menerapkan digitalisasi untuk sistem pelayanan dan manajemen pengelolaan sehingga makin mudah diakses oleh anggota dan menarik minat masyarakat lain untuk bergabung.

Contoh koperasi modern di Kota Yogyakarta adalah Koperkasa yang dikelola oleh salah satu perusahaan makanan PT SGM.

“Koperasi tersebut bahkan menyabet penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM sebagai pionir koperasi modern,” kata Tri.

Koperasi modern lain yang sudah ada, di antaranya koperasi yang dikelola Politeknik LPP, koperasi yang dikelola Universitas Kristen Duta Wacana, dan koperasi yang dikelola salah satu perusahaan batik.

“Kami ingin memantapkan agar koperasi modern yang sudah ada ini makin berkembang dengan baik dan maju, sembari memastikan agar ada replikasi di kemudian hari,” katanya.

Di Kota Yogyakarta sudah mulai tumbuh koperasi modern, tetapi keterlibatan anak muda masih sangat minim.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia