Ide Brilian UWM untuk Pengolahan Sampah Berujung Hibah dari Kemenko PMK

Jumat, 22 Juli 2022 – 20:15 WIB
Ide Brilian UWM untuk Pengolahan Sampah Berujung Hibah dari Kemenko PMK - JPNN.com Jogja
Universitas Widya Mataram Yogyakarta terima hibah riset tentang pengelolaan sampah berbasis masyarakat pada Kamis (21/7). Foto: Humas UWM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta menerima hibah riset dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) di The Grove Suite Hotel, Jakarta pada Kamis (21/7).

UWM masuk dalam 35 perguruan tinggi yang diterima usulan riset hibahya dengan topik “Penelitian Pengembangan Pendidikan Berbasis Education For Sustainable Development (Esd), Pendampingan Pengelolaan Sampah Perkotaan Terpadu Berbasis Masyarakat di Kecamatan Kraton Kota Yogyakarta".

Ketua pelaksana sekaligus pengusul riset Puji Qomariyah mengatakan bahwa usulan hibah riset itu didasari pada kenyataan buruk tentang kondisi sampah di perkotaan.

Menurutnya, sampah di perkotaan kini kian memprihatinkan. 

"Dari hari ke hari makin meningkat produksinya sejalan dengan pertumbuhan penduduk perkotaan yang meningkat," jelasnya. 

Dalam proposal usulan, dia mengajukan gagasan sistem pengelolaan sampah tanpa sisa atau zero waste system.

Adapun regulator sekaligus pelaksana sepenuhnya adalah masyarakat dan pemerintah sebagai fasilitator.

Dikatakannya bahwa gagasan partisipatif pengelolaan sampah tanpa sisa itu sebagai solusi tentang penanganan sampah kota yang berbiaya tinggi.

Universitas Widya Mataram (UWM) menerima hibah riset pengolahan sampah dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) pada Kamis (21/7).
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News