Cara UWM Yogyakarta Mendorong Milenial Menjadi Pelopor Antikekerasan Berbasis Gender

Rabu, 29 Juni 2022 – 21:02 WIB
Cara UWM Yogyakarta Mendorong Milenial Menjadi Pelopor Antikekerasan Berbasis Gender - JPNN.com Jogja
Pelatihan kepada pemuda pemudi karang taruna tentang bahaya kekerasan gender. Foto: Humas UWM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Bagus Ajy Waskyto Sugiyanto mengatakan pelatihan dasar memahami kekerasan berbasis gender dengan peserta para generasi Z.

Sebelumnya, Ajy mengatakan bahwa upaya memberi pemahaman tentang kekerasan berbasis gender telah disosialisasikan kepada para pemuda di Dusun Gandeng, Sorogenen, Dukuh Bibis, Timbulharjo, Sewon, Bantul pada 22 Mei 2022. 

Menurutnya pelatihan itu sangat strategis untuk memberi pemahaman tentang bahaya kekerasan tersebut.

“Dengan memberi pemahaman kepada Gen Z, saya berharap mereka dapat menjadi agen-agen pembaharuan dalam memahami bahaya kekerasan gender, dan menyokong pengurangan atau upaya menghilangkan aksi negatif tersebut, “ujar dia pada Selasa (28/6).

Para peserta berasal dari kalangan pemuda dan pemudi karang taruna berusia antara 15-20 tahun.

Materi pelatihan yang diberikan seputar dasar mengenai kekerasan berbasis gender dengan pendamping empat orang mahasiswa dari Prodi Ilmu Komunikasi.

Dalam memberikan pemahaman kekerasan berbasis gender, Ajy menggunakan metode role play yang diharapkan bisa lebih mudah untuk memahami masalah.

“Saya prihatian, kekerasan terhadap perempuan masih marak terjadi hingga saat ini," katanya.

Kekerasan berbasis gender di Indonesia masih memprihatinkan, lihat apa yang dilakukan Dosen UWM Yogyakarta ini. Mulia sekali.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia