Di Kongres PAI, Wapres Ma'ruf Amin Berpesan kepada Dosen-Dosen Agama Islam

Jumat, 12 Agustus 2022 – 12:32 WIB
Di Kongres PAI, Wapres Ma'ruf Amin Berpesan kepada Dosen-Dosen Agama Islam - JPNN.com Jogja
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi keynote speaker dalam Kongres Nasional Pendidikan Agama Islam di UNY pada Kamis (11/8). Foto: Humas UNY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Moderasi menjadi cara pandang yang harus dipegang teguh dalam kehidupan yang beragama.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan moderasi beragama pada hakikatnya adalah sikap toleransi berperikemanusian dan berbudi luhur yang sudah menjadi nilai kehidupan bangsa Indonesia sejak dahulu.

"Moderasi beragama bagi kita bukanlah sesuatu yang baru, tetapi merupakan bagian dari jati diri kita dan sekaligus sumber resiliensi ketangguhan bangsa dalam menghadapi permasalahan, " katanya dalam Kongres Nasional Pendidikan Agama Islam V di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Kamis (11/8).

Menurutnya, umat manusia yang berasal dari beragam suku dan bangsa memiliki tujuan agar kehidupan menjadi dinamis, saling bertukar ilmu, saling menghargai dan membantu dalam hal kebaikan. 

Ia mengatakan perkembang zaman menimbulkan banyak perubahan dan tantangan seperti munculnya paham-paham radikal.

"Oleh karena itu kita perlu memperkuat pemahaman dan sikap keagamaan yang moderat melalui berbagai gerakan, khususnya di bidang pendidikan agama," jelasnya. 

Ma'ruf Amin mengatakan dosen pendidikan agama Islam di perguruan tinggi adalah garda terdepan dalam menumbuhkan moderasi beragama yang dapat mencegah paham radikal.

"Serta berperan memberi landasan ideologi bekal ilmu pengetahuan yang lurus bagi mahasiswa untuk menjadi pelopor dan membawa kemaslahatan bagi masyarakat," pungkasnya. (mcr25/jpnn)

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin berpesan kepada dosen agama Islam agar membantu menciptakan moderasi beragama di Indonesia.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia