Pemkab Sleman Gratiskan Retribusi Masuk ke Kaliurang dan Kaliadem pada 17 Agustus 2022

Senin, 15 Agustus 2022 – 19:01 WIB
Pemkab Sleman Gratiskan Retribusi Masuk ke Kaliurang dan Kaliadem pada 17 Agustus 2022 - JPNN.com Jogja
Objek wisata Bunker Kaliadem. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggratiskan biaya retribusi untuk masuk ke kawasan wisata Kaliurang dan Kaliadem.

Masyarakat bisa berkunjung ke kawasan Kaliurang dan lereng Gunung Merapi di Kaliadem pada 17 Agustus 2022 secara cuma-cuma.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Aris Herbandang, selain menyambut HUT ke-77 RI, kebijakan itu diambil untuk menyemarakkan Gelar Budaya para pelaku wisata di Kaliurang di Nawang Jagad, Kaliurang Barat.

"Gelar Budaya dengan rangkaian kegiatan Upacara Bendera yang akan diikuti oleh 130 lebih pelaku Pariwisata Kaliurang pada 17 Agustus 2022. Upacara bendera ini dikemas dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah," katanya, Senin (15/8).

Dengan adanya kebijakan tanpa pungutan biaya retribusi, dia berharap banyak masyarakat Jogja yang datang ke acara Gelar Budaya.

"Rangkaian kegiatan diawali dengan upacara bendera, dilanjutkan dengan flash mob Tari Badui oleh peserta upacara," ujarnya.

Pejabat fungsional Adhyatama Kepariwisataan dan Ekraf Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Rini Wahyu Hestari mengatakan Tari Badui dipilih karena tari ini merupakan salah satu kesenian asli Kabupaten Sleman.

"Dalam perform besok, Tari Badui ini dikemas menjadi seni pertujukan yang dapat diikuti oleh semua peserta upacara maupun pengunjung atau wisatawan," katanya.

Masyarakat dan wisatawan bisa masuk ke Kaliurang dan Kaliadem secara gratis pada 17 Agustus 2022. Ada acara Gelar Budaya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News