Setiap Pelancong di Yogyakarta Menghabiskan Duit Rp 1,9 Juta untuk Belanja

Kamis, 25 Agustus 2022 – 09:00 WIB
Setiap Pelancong di Yogyakarta Menghabiskan Duit Rp 1,9 Juta untuk Belanja - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Kondisi pariwisata di Kota Yogyakarta. Foto: M. Syukron Fitriansyah/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kondisi pariwisata di Kota Yogyakarta mulai pulih seiring dengan melandainya kasus Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan ada tiga indikator yang dipakai untuk mengukur kondisi pariwisata di Yogyakarta, yaitu jumlah kunjungan wisatawan, lama tinggal dan nilai belanja yang dikeluarkan wisatawan.

Menurut dia, ketiga indikator itu menunjukkan tren peningkatan dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan data hingga akhir Juli 2022, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta tercatat sebanyak 3.898.951 orang.

Sedangkan untuk rata-rata lama tinggal wisatawan tercatat 1,8 hari dan jumlah belanja yang dikeluarkan wisatawan rata-rata mencapai Rp 1,9 juta.

Meskipun demikian, lanjut dia, mulainya pulihnya kondisi pariwisata di Kota Yogyakarta tersebut menjadi sebuah tantangan agar kondisi pemulihan tetap terjaga bahkan semakin membaik dari waktu ke waktu.

"Salah satu tantangannya adalah meningkatkan lama tinggal wisatawan. Meskipun capaian per Juli tersebut sudah melebihi target yang kami tetapkan," katanya.

Berdasarkan target, lama tinggal wisatawan di Kota Yogyakarta pada tahun ini ditetapkan 1,6 hari.

Kondisi pariwisata di Kota Yogyakarta mulai pulih dari dampak pandemi Covid-19. Rata-rata nilai belanja pelancong mencapai Rp 1,9 juta.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News