Segera Tersedia Aplikasi Lapak Dini untuk Warga Yogyakarta, Ini Fungsinya

Minggu, 28 Agustus 2022 – 11:37 WIB
Segera Tersedia Aplikasi Lapak Dini untuk Warga Yogyakarta, Ini Fungsinya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Aplikasi Lapak Dini. Foto: Ricardo/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Kota Yogyakarta akan segera memiliki aplikasi yang bernama Lapak Dini atau Lapor Pak Deteksi Dini.

Aplikasi tersebut dirancang oleh Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Yogyakarta sebagai bagian dari upaya mencegah dan menyelesaikan gesekan sosial di tengah masyarakat.

Anggota FKDM Kota Yogyakarta Indra Haryanto mengatakan keberadaan aplikasi Lapak Dini akan menjadi gebrakan baru untuk menciptakan keamanan masyarakat.

"Masih dalam proses penyusunan, tetapi harapannya bisa segera diluncurkan," kata dia.

Menurut dia, data pelaporan yang masuk dalam aplikasi Lapak Dini hanya bisa diakses oleh anggota FKDM.

Anggota FKDM akan mendapat notifikasi apabila di wilayah kerja mereka muncul kejadian yang perlu ditindaklanjuti atau berpotensi mengarah pada gesekan sosial yang lebih luas.

"Nantinya, anggota FKDM akan langsung lapor ke pemangku wilayah setempat. Bisa langsung lapor ke kelurahan atau ke kecamatan," tambahnya.

Penggunaan aplikasi tersebut juga akan dikoordinasikan dengan instansi terkait, seperti polisi dan TNI. Informasi yang disampaikan bisa saja bersifat rahasia atau penting sehingga harus dikelola secara hati-hati.

Warga Kota Yogyakarta sebentar lagi akan memiliki aplikasi bernama Lapak Dini. Aplikasi itu berguna untuk menjaga keamanan masyarakat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia