Harga BBM Naik, Bahan Pokok Mahal, Apakah Stok tetap Aman?

Kamis, 08 September 2022 – 14:00 WIB
Harga BBM Naik, Bahan Pokok Mahal, Apakah Stok tetap Aman? - JPNN.com Jogja
Stok harga barang kebutuhan pokok. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) telah menyebabkan harga beberapa bahan kebutuhan pokok terkerek.

Kenaikan harga BBM bukan hanya memiliki efek domino berupa inflasi, tetapi juga menimbulkan kekhawatiran langkanya stok barang kebutuhan pokok.

Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan bahwa ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat di pasaran telah tercukupi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis mengatakan unsur gabungan dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) telah memantau stok bahan pokok di pasaran dan mengadakan rapat koordinasi menyikapi kenaikan harga BBM.

"Untuk inflasi yang jelas kami memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di Bantul. Kemarin siang kami rakor (rapat koordinasi) TPID bahwa semua bahan pokok di Kabupaten Bantul tercukupi," katanya.

Dia mengatakan untuk harga-harga kebutuhan pokok di pasar rakyat tidak naik signifikan, hanya ada pergerakan harga karena menyesuaikan harga BBM.

"Artinya masih dalam jangkauan masyarakat untuk membeli kebutuhan yang diperlukan. Kemudian, juga penimbunan atas barang-barang kebutuhan masyarakat juga tidak ada," katanya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Bantul Agus Sulistiyana mengatakan terdapat sejumlah kebutuhan pokok yang harganya stabil, termasuk cabai.

Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok sudah naik. Bagaimana stok barang-barang di pasar tradisional Kabupaten Bantul?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News