Pemerintah Tak Perlu Memburu Bjorka, Ada yang Lebih Penting

Rabu, 14 September 2022 – 14:05 WIB
Pemerintah Tak Perlu Memburu Bjorka, Ada yang Lebih Penting - JPNN.com Jogja
Peretas yang mengatasnamakan diri sebagai Bjorka mengeklaim telah membobol keamanan siber milik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ilustrasi Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas dengan Kepala BSSN Hinsa Siburian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/9).

Rapat tersebut untuk merespons isu tentang peretasan yang diduga dilakukan oleh hacker Bjorka terhadap beberapa dokumen penting, termasuk surat dari BIN kepada Presiden Jokowi.

Hasilnya, dibentuklah tim respons darurat untuk mengantisipasi kebocoran data negara dan pejabat negara. Tim yang dibentuk itu juga disebut akan mengungkap identas asli Bjorka.

Namun, pakar Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Ridi Ferdiana menyarankan tim respons darurat agar tidak perlu memburu Bjorka.

"Bjorka saat ini sudah dipastikan menyebarkan data, tetapi belum tentu hacker-nya yang bersangkutan. Data yang tersebar umum terjual di deep web," kata Ridi Ferdiana, Rabu (14/9).

Dibanding menindak dan melacak Bjorka, menurut Ridi, tim respons darurat sebaiknya fokus mempertebal keamanan data serta menggencarkan edukasi bagi masyarakat dan institusi agar memiliki budaya penyimpanan data secara aman.

Ridi mengatakan sistem perlindungan data tidak selamanya mampu menangkal serangan siber tanpa ada pembaruan seiring pesatnya perkembangan teknologi.

"Sistem perlindungan data di mana pun tidak akan tahan peluru di lekang zaman. Artinya, aman kemarin bukan berarti aman hari ini," ujar Dosen Departemen Teknik Elektro dan TI Fakultas Teknik UGM ini.

Pakar IT UGM menyarankan pemerintah untuk tidak perlu memburu hacker Bjorka. Ada hal penting yang harus dilakukan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News