TPA Piyungan Tutup Lagi, Bagaimana Nasib Sampah di Yogyakarta?

Kamis, 15 September 2022 – 21:01 WIB
TPA Piyungan Tutup Lagi, Bagaimana Nasib Sampah di Yogyakarta? - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Tumpukan sampah di Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Operasional Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan tutup selama dua hari dan akan dibuka kembali pada Minggu (18/9).

Penutupan itu bertujuan untuk penataan dan pembuatan area unloading sampah.

Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Ahmad Haryoko mengatakan rencana penutupan TPA Piyungan itu telah disampaikan jauh-jauh hari sehingga pihaknya telah mempersiapkan diri.

"Sudah ada sosialisasi kepada masyarakat melalui wilayah," kata dia, Kamis (15/9).

Menurut Haryoko, meskipun ditutup selama dua hari, DLH Kota Yogyakarta masih memiliki kesempatan untuk membuang sampah masing-masing 10 truk setiap harinya sehingga ada pengurangan sampah di depo maupun tempat pembuangan sampah sementara.

“Ada kebijakan khusus untuk Kota Yogyakarta karena kami diminta membantu proses penataan TPA dengan pengurukan sampah. Truk sampah kami dipinjam untuk pengurukan. Jadi, sekalian saja membawa sampah,” katanya.

Setiap truk sampah memiliki kapasitas mengangkut sekitar empat ton sampah.

“Jadi, masih ada kesempatan membuang sekitar 40 ton sampah per hari saat TPA Piyungan ditutup,” katanya.

TPA Piyungan kembali tutup selama dua hari untuk penataan sampah. DLH Kota Yogyakarta memastikan sampah tidak akan luber ke jalan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia