Sultan HB X: BLT Bukan untuk Mengerem Inflasi Kenaikan Harga BBM

Jumat, 16 September 2022 – 09:01 WIB
Sultan HB X: BLT Bukan untuk Mengerem Inflasi Kenaikan Harga BBM - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah pusat saat ini sedang menggencarkan program bantuan langsung tunai (BLT) untuk membantu masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM.

Di satu sisi, pemerintah daerah diminta untuk mengerem laju inflasi yang muncul karena kenaikan harga BBM.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan Pemda DIY tidak mengandalkan BLT atau bantuan sosial lainnya untuk mengendalikan inflasi karena itu dua hal yang berbeda.

"BLT kan enggak ada urusannya dengan inflasi karena memang dengan kondisi kenaikan itu mereka tidak mampu, bukan masalah inflasinya," ujar Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (15/9).

Menurut Sultan, ketika BBM naik, pemerintah punya dua masalah yang harus diselesaikan, yaitu membantu masyarakat miskin atau terdampak dan mengendalikan inflasi.

"Yang ditangani, ya, BLT dan inflasinya," ujar Ngarsa Dalem.

Terkait BLT, Sultan memastikan telah disiapkan pemerintah pusat beserta dinas terkait di setiap provinsi.

Sedangkan untuk menekan laju inflasi, menurut dia, sejumlah kebijakan telah disiapkan, antara lain dengan menopang ongkos transportasi angkutan pangan yang didatangkan dari luar daerah guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X tidak mengandalkan BLT sebagai upaya untuk mengerem inflasi yang muncul karena kenaikan harga BBM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News