Jokowi Sentil Pejabat yang Doyan Plesir ke Luar Negeri, Sandiaga Ikut-ikutan Heran

Sabtu, 01 Oktober 2022 – 19:01 WIB
Jokowi Sentil Pejabat yang Doyan Plesir ke Luar Negeri, Sandiaga Ikut-ikutan Heran - JPNN.com Jogja
Sandiaga Uno dalam sebuah diskusi di Sleman, Jumat (14/1). Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Presiden Joko Widodo baru-baru ini menyentil pejabat negara yang doyan plesir ke luar negeri di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang memburuk.

Sindiran itu disampaikan Jokowi saat memberi pengarahan kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pimpinan BUMN, Pangdam, Kapolda dan Kajati di Jakarta Convention Center, Kamis (29/9).

Presiden juga menyindir aksi pejabat negara yang memamerkan foto-foto hasil liburan mereka di akun media sosial.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga mengaku heran dengan perilaku pejabat negara yang seperti itu

Menurut Sandiaga, pejabat negara harus menjadi contoh untuk masyarakat dengan lebih mengutamakan berlibur atau menggunakan produk dalam negeri.

"Saat-saat kita sedang menghadapi inflasi, harga barang-barang meningkat, lapangan kerja susah, kok enggak mendukung pariwisata di Indonesia," kata Sandiaga saat mengunjungi Glamping Resort Arkamaya Sembung di Kecamatan Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (01/9).

Sandi mengatakan pejabat negara bukan hanya dipantau kinerjanya, tetapi juga tingkah lakunya.

"Timnya Pak Presiden pasti memantau, ini bagaimana, sih? Dia kok foto-foto di Menara Eiffel Prancis padahal di Madiun juga ada, foto-foto di Nepal, padahal ada Nepal van Java di Magelang. Kenapa enggak dukung produk-produk pariwisata di Indonesia aja," tutur Sandiaga.

Saat ini, kata dia, pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Indonesia telah menembus 600 juta, melampaui target yang dicanangkan Kemenparekraf selama 2022 sebanyak 550 juta wisnus.

Presiden Joko Widodo menyindir sejumlah pejabat negara yang doyan liburan ke luar negeri. Menparekraf Sandiaga bilang begini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News