Jogja Hujan Lebat, 3 Padukuhan di Gunungkidul Mengalami Tanah Longsor

Senin, 03 Oktober 2022 – 16:01 WIB
Jogja Hujan Lebat, 3 Padukuhan di Gunungkidul Mengalami Tanah Longsor - JPNN.com Jogja
Tanah longsor di Gunungkidul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Tiga padukuhan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dilanda bencana tanah longsor pada Senin pagi (3/10).

Musibah itu terjadi di Padukuhan Kedungpoh Lor Desa Kedungpoh, Padukuhan Sawur Desa Sawahan, dan Padukuhan Srumbung Desa Pengkok.

Kepala BPBD Gunungkidul Purwono bencana tanah longsor itu disebabkan hujan lebat yang turun sejak sejak Minggu sore (2/10) hingga Senin pagi.

"Kami mengirim tiga tim untuk membantu membersihkan material longsor. Tadi langsung dikirim tim ke lokasi. Untuk korban jiwa tidak ada," kata Purwono.

Dia menjelaskan bahwa musibah di Padukuhan Kedungpoh terjadi sekitar pukul 05.25 WIB sehingga menimbulkan longsoran material sepanjang 12 meter dan tinggi sekitar lima meter.

Di Padukuhan Sawur, talud yang berada sekitar satu meter dari sekolah taman kanak-anak ambrol pada pukul 02.30 WIB.

Sedangkan di Padukuhan Srumbung longsoran tanah sepanjang sekitar tujuh meter dengan tinggi sekitar tiga meter menutupi bagian jalan di daerah itu.

"Berdasarkan laporan dari tim reaksi cepat, material longsor sudah terkondisi dengan baik," kata Purwono.

Musibah tanah longsor terjadi di tiga padukuhan di Gunungkidul pada Senin (3/10) karena hujan lebat yang terjadi sejak Minggu sore.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia