Stok Barang Kebutuhan Pokok di Kulon Progo Aman, tetapi...

Minggu, 30 Oktober 2022 – 11:00 WIB
Stok Barang Kebutuhan Pokok di Kulon Progo Aman, tetapi... - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Harga barang kebutuhan pokok di Kulon Progo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Stok barang-barang kebutuhan pokok di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dijamin aman hingga Desember 2022.

Meskipun begitu, ada beberapa komoditas yang harganya mulai naik, seperti beras, daging ayam dan cabai.

Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana mengatakan berdasarkan laporan pemantauan harga kebutuhan pokok di tingkat pasar rakyat, kebutuhan bahan pokok masih aman meski ada yang berkurang.

"Ketersediaan pangan di Kulon Progo berdasarkan identifikasi 13 komoditas utama di Kulon Progo, tahan sampai dua bulan ke depan," kata Tri Saktiyana.

Ia mengakui dalam dua bulan ke depan terjadi penurunan stok, tetapi ada yang panen khususnya komoditas lokal seperti beras dan tanaman hortikultura sehingga berputar.

Pada Desember ini ada beberapa wilayah yang panen meski sedikit terganggu produksinya seperti di Nanggulan, Kalibawang, Lendah dan Galur karena curah hujan tinggi.

"Kami berupaya menekan dampak dari potensi bencana hidrometeorologi supaya tidak mempengaruhi produksi pangan di Kulon Progo," ucapnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kulon Progo Sudarna mengatakan pihaknya mengintensifkan pemantauan harga kebutuhan pokok di enam pasar rakyat untuk memastikan ketersediaan dan tingkat harga.

Pemkab Kulon Progo menjami ketersediaan barang-barang kebutuhan pokok, meskipun harga beberapa komoditas yang naik.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News