Warga Bantul Diminta Tak Mengkhawatirkan Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok

Kamis, 22 Desember 2022 – 13:00 WIB
Warga Bantul Diminta Tak Mengkhawatirkan Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Ketersediaan barang kebutuhan pokok selama libur Nataru. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjamin bahwa barang-barang kebutuhan pokok tersedia selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Oleh karena itu, Sekretaris Daerah Bantul Helmi Jamharis meminta masyarakat tidak melakukan aksi borong barang-barang kebutuhan pokok karena hal itu justru bisa mengganggu pasokan dan stok.

Menurut dia, komoditas bahan pokok seperti beras, jagung, cabai, bawang merah, bawang putih, telur, daging ayam, daging sapi, minyak goreng dan gula pasir memiliki ketersediaan yang lebih dibandingkan dengan prediksi kebutuhan masyarakat.

"Dengan asumsi seperti itu masyarakat tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan yang mungkin diperlukan. Masyarakat juga tidak perlu melakukan borong bahan kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya," katanya.

Menurut dia, ketersediaan bahan kebutuhan pokok yang mencukupi kebutuhan masyarakat itu sesuai hasil monitoring Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Bantul di pasar-pasar besar di Bantul menghadapi pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2023.

"Jadi, masyarakat bisa santai-santai saja karena stoknya melebihi dari prediksi kebutuhan warga," ujarnya.

Lebih lanjut, Sekda mengatakan untuk menjaga stabilitas ketersediaan pangan di Bantul, pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya di antaranya meningkatkan ketersediaan pangan melalui program padi IP 400 atau Indeks Pertanaman 400.

"Kemudian, optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan untuk tanaman sayur dan buah, peningkatan intensifikasi pertanian dengan penggunaan benih unggul, serta pupuk ramah lingkungan," katanya.

Pemkab Bantul menjamin bahwa stok barang kebutuhan pokok aman sepanjang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Warga Bantul diminta tak khawatir.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News