150 Ribu Wisatawan Akan Berkunjung ke Bantul

Senin, 26 Desember 2022 – 11:10 WIB
150 Ribu Wisatawan Akan Berkunjung ke Bantul - JPNN.com Jogja
Pantai Parangtritis. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan akan diserbu oleh wisatawan selama libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Berdasarkan perkiraan, jumlah wisatawan yang akan berlibur ke Bantul mencapai 150-200 ribu orang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis mengatakan puncak kunjungan wisatawan ke Bantul diperkirakan terjadi pada 24, 25, 26, dan 31 Desember 2022, kemudian pada 1 dan 2 Januari 2023.

Guna menghadapi lonjakan wisatawan ke Bantul pada libur Natal dan Tahun Baru 2023, kata Helmi, telah disiapkan langkah koordinasi berupa pengaturan lalu lintas agar arus wisatawan tetap kondusif, khususnya di jalur-jalur objek wisata yang ada di Bantul.

"Pemerintah juga menyiapkan posko pengamanan di kawasan pantai selatan dari berbagai unsur selama libur Nataru, terutama di sekitar TPR (tempat pemungutan retribusi), dan juga posko pengamanan pengunjung," katanya.

Selain itu, kata dia, dilakukan penambahan petugas penarik retribusi atau tiket wisata untuk mengurai kemacetan atau mengurangi kepadatan arus masuk wisatawan di TPR Induk Pantai Parangtritis.

Namun demikian, kata dia, pemerintah daerah juga mempersiapkan dan mempromosikan destinasi wisata di luar kawasan pantai selatan untuk memecah konsentrasi wisatawan.

Lebih lanjut, Pemkab Bantul telah mengoperasikan posko terpadu penertiban di kawasan pantai Parangtritis selama satu bulan sebelum libur Natal dan Tahun Baru.

Pemkab Bantul memperkirakan akan ada 150 ribu orang berlibur ke Bantul selama masa libur Nataru.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia