Personel PMI DIY Siaga Selama Libur Nataru

Minggu, 25 Desember 2022 – 11:15 WIB
Personel PMI DIY Siaga Selama Libur Nataru - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Personel PMI DIY. Foto: Dok Kemenpora

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Para personel Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) disiagakan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

Ketua PMI DIY G.B.P.H. Prabukusumo mengatakan akan ada enam pos pelayanan untuk mengantisipasi kejadian kedaruratan, kecelakaan lalu lintas, maupun potensi kejadian bencana selama momentum itu.

"PMI mengerahkan personel yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama serta personel berlatar belakang medis untuk membantu melayani masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru 2023 di DIY," kata dia, Sabtu (24/12).

Personel PMI DIY yang disiagakan, kata dia, sebanyak 187 orang beserta 17 mobil ambulans dan enam motor ambulans first responder.

Selain siaga di Posko Markas PMI seluruh DIY, Prabu mengatakan bahwa personelnya juga akan melakukan patroli keliling di berbagai gereja saat pelaksanaan ibadah misa, lokasi-lokasi rawan kepadatan lalu lintas, maupun tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat ataupun wisatawan.

Selain fokus pada pelayanan pertolongan pertama dan ambulans, kata Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan PMI DIY Lipur Riyantiningtyas, PMI juga mengerahkan personelnya mengantisipasi potensi bencana dengan berkoordinasi dengan BPBD DIY seiring munculnya peringatan potensi cuaca ekstrem di wilayah DIY.

"Hal ini untuk membantu masyarakat agar merasa tenang dalam merayakan Natal dan pergantian tahun," kata Lipur Riyantingtyas.

Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI DIY Suryanto meyakini stok darah di DIY selama Natal dan Tahun Baru 2023 mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Para personel PMI DIY bersiaga untuk mengantisipasi kejadian gawat darurat selama masa liburan Natal dan Tahun Baru 2023.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News