PMI Jogja Siaga 24 Jam Selama Nataru

Senin, 25 Desember 2023 – 10:01 WIB
PMI Jogja Siaga 24 Jam Selama Nataru - JPNN.com Jogja
Anggota PMI mengevakuasi korban kecelakaan di Kulon Progo, Minggu (19/12). Foto: Humas Polres Kulon Progo

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Guna memberikan pelayanan kegawatdaruratan selama libur Natal dan Tahun Baru 2024, Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersiaga selama 24 jam.

Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo mengatakan mereka menyiagakan 398 personel berlatar belakang medis serta sukarelawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama.

"Mereka akan bertugas 24 jam di masing-masing pos siaga di beberapa gereja, berkeliling di tempat-tempat keramaian maupun objek wisata di masing-masing wilayah seluruh DIY," katanya pada Minggu (24/12).

Selain itu, PMI DIY juga menyiapkan enam pos pelayanan ambulans dan pos pertolongan pertama di seluruh DIY dalam pelayanan kemanusiaan.

Beberapa ambulans yang disiagakan adalah ambulans transpor, ambulans kegawatdaruratan, serta ambulans motor yang sangat bermanfaat saat terjadi kepadatan lalu lintas.

"PMI memiliki lima ambulans motor first responder yang kami luncurkan segera saat terjadi kedaruratan dengan tugas menilai keadaan dan memberikan pertolongan pertama sebelum ambulans kegawatdaruratan," kata dia.

PMI DIY, ujar Prabukusumo, juga menyiagakan armada serta personel untuk kejadian kedaruratan lain seperti bencana kebakaran maupun bencana alam lainnya, termasuk kesiapsiagaan Pemilu 2024.

Selama libur akhir tahun, ujar dia, masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan darah 24 jam PMI serta jam pelayanan donor darah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB di lima Unit Donor Darah PMI kabupaten/kota di DIY.

Masyarakat dan wisatawan yang sedang berlibur ke Jogja bisa memanfaatkan layanan Palang Merah Indonesia jika terjadi kondisi darurat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia