Cara Dishub Yogyakarta Mengantisipasi Kepadatan Lalu Lintas Saat Libur Nataru

Selasa, 27 Desember 2022 – 11:10 WIB
Cara Dishub Yogyakarta Mengantisipasi Kepadatan Lalu Lintas Saat Libur Nataru - JPNN.com Jogja
Ilustrasi Tugu Yogyarta: Jumlah kendaraan yang keluar masih DIY saat libur natal (Foto: M. Syukron Fitriansyah/JPNN)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta telah memiliki beberapa rencana untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas saat libur akhir tahun 2022.

Meskipun jumlah kendaraan yang akan masuk ke Kota Yogyakarta diprediksi meningkat, Dishub tidak akan melakukan kebijakan penutupan ruas jalan.

Sebagai gantinya, akan ada rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan arus sesuai kondisi di lapangan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif mengatakan mereka telah menelaah potensi kepadatan arus lalu lintas saat libur akhir tahun, tetapi sejauh ini tidak dibutuhkan kebijakan penutupan ruas jalan tertentu.

Menurut dia, salah satu alasan tidak melakukan penutupan jalan saat libur akhir tahun adalah tidak adanya kegiatan khusus untuk pergantian tahun yang diizinkan digelar di Kota Yogyakarta.

“Dengan kebijakan tersebut, maka dinilai tidak perlu melakukan penutupan jalan sehingga arus lalu lintas bisa mengalir,” katanya.

Jika di suatu ruas jalan terjadi peningkatan kepadatan lalu lintas, kata dia, akan dilakukan pengurangan arus lalu lintas yang masuk ke ruas jalan tertentu.

“Caranya dengan mengalirkan arus lalu lintas ke ruas jalan lain. Begitu volume kendaraan berkurang, maka arus akan kembali dibuka,” katanya.

Dishub Kota Yogyakarta tidak akan menutup ruas jalan tertentu saat masa libur Nataru. Namun, ada cara untuk mengurai kepadatan lalu lintas.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News