Jika Berlibur ke Jogja, Wajib Memantau Informasi Cuaca

Kamis, 29 Desember 2022 – 19:00 WIB
Jika Berlibur ke Jogja, Wajib Memantau Informasi Cuaca - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Cuaca ekstrem di pantai selatan Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Wisatawan yang berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diminta untuk rutin memantau informasi tentang cuaca.

Pasalnya, BMKG telah memprediksi bahwa Jogja akan dilanda oleh cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Nur Hidayat mengatakan wisatawan wajib untuk tetap waspada dengan kemungkinan bencana hidrometeorologi yang timbul akibat cuaca ekstrem.

"Saat ini banyak wisatawan yang sedang berkunjung ke Yogyakarta. Kami berharap wisatawan juga bisa meng-update kondisi cuaca secara rutin agar perjalanan wisata tetap aman dan lancar," kata dia, Kamis (29/12).

Menurut dia, informasi mengenai perubahan kondisi cuaca dapat diperoleh secara mudah melalui akun media sosial BMKG Yogyakarta yang rutin menyampaikan informasi kondisi cuaca hingga peringatan dini jika ada potensi cuaca ekstrem.

Dengan mengetahui informasi mengenai kondisi cuaca dan potensi cuaca ekstrem, Nur berharap wisatawan dapat menyesuaikan jadwal kegiatan wisata selama berada di Yogyakarta.

Sebelumnya Pemerintah DIY sudah melayangkan surat edaran kepada seluruh bupati dan wali kota di DIY untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi cuaca ekstrem saat libur akhir tahun.

Surat edaran tersebut merujuk pada informasi dari BMKG yang menyatakan pada periode 25 Desember hingga 1 Januari 2023 terdapat potensi cuaca ekstrem di DIY.

BPBD Kota Yogyakarta meminta wisatawan yang berlibur ke Jogja untuk senantiasa memantau informasi tentang cuaca.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia