Jalan di Bantul Ini Sering Rusak, Diduga Ada Fenomena Alam Spesifik

Kamis, 05 Januari 2023 – 10:00 WIB
Jalan di Bantul Ini Sering Rusak, Diduga Ada Fenomena Alam Spesifik - JPNN.com Jogja
Jalan ambles di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Ruas jalan di wilayah Desa Wisata Srikeminut, Desa Sriharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami kerusakan parah beberapa waktu lalu.

Jalan menuju objek wisata Srikeminut Sriharjo itu ambles sehingga tidak bisa dilewati. Jalan di kawasan tersebut beberapa kali mengalami hal serupa setelah sempat diperbaiki.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bantul ingin meminta bantuan pakar geologi untuk menyusun konstruksi bagan jalan agar tak mudah rusak.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menduga ada fenomena alam yang spesifik terjadi di kawasan tersebut.

"Hari ini saya mengundang seorang geologis, pakar geologi dari UGM untuk mengkaji dan meneliti di kawasan tersebut dan kami minta rekomendasi konstruksi bangunan apa yang tepat di sana," katanya.

Dengan demikian, kata dia, penanggulangan jalan ambles di Sriharjo secara tepat tidak lagi menjadi wilayah teknik sipil, dan juga ahli konstruksi, tetapi pemerintah daerah mesti melibatkan pakar geologi yang akan diterjunkan bersama meninjau lokasi tersebut.

"Saya minta Dinas PU untuk melakukan kerja sama dengan pakar geologi untuk menemukan sebab. Setelah itu kami minta rekomendasi pakar geologi, konstruksi bangunan yang tepat pada kondisi seperti itu, nanti akan kita lihat bersama," katanya.

Sambil menunggu rekomendasi dari pakar geologi, pemerintah daerah meminta agar masyarakat maupun wisatawan untuk sementara tidak melintasi jalur tersebut karena dimungkinkan masih ada fenomena yang kemudian berdampak pada amblesnya jalan.

Pemkab Bantul meminta bantuan pakar geologi untuk menyusun konstruksi bagan jalan di Desa Siroharjo karena ada fenomena alam yang spesifik.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia