Begini Solusi Pemkot Yogyakarta untuk Pedagang Jalan Perwakilan

Sabtu, 14 Januari 2023 – 12:00 WIB
Begini Solusi Pemkot Yogyakarta untuk Pedagang Jalan Perwakilan - JPNN.com Jogja
Kios-kios di Jalan Perwakilan sudah disegel. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pedagang di Jalan Perwakilan, Kota Yogyakarta harus meninggalkan lapak mereka karena kawasan itu akan segera dibangun Jogja Planning Gallery (JPG).

Sebagai gantinya, Pemerintah Kota Yogyakarta menawarkan solusi agar para pedagang pindah berjualan di Pasar Klithikan.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan pemerintah daerah berusaha untuk mencari jalan keluar bagi para pedagang yang sudah bertahun-tahun berjualan di Jalan Perwakilan.

“Kebijakan ini bukan relokasi melainkan kebijakan afirmasi sehingga nantinya pedagang dari Jalan Perwakilan bisa menjadi bagian dari pedagang di Pasar Klithikan,” kata Aman pada, Jumat (13/1).

Sebanyak 17 pedagang yang menempati kios di sisi utara Jalan Perwakilan juga sudah diajak mengunjungi lokasi di Pasar Klithikan yang ditawarkan sebagai tempat untuk mereka berjualan.

Pedagang diberi waktu sekitar satu pekan untuk mempertimbangkan tawaran tersebut dan selanjutnya bisa dilakukan proses administrasi menjadi pedagang di pasar tersebut.

Aman menilai, Pasar Klithikan cukup tepat ditawarkan kepada pedagang di Jalan Perwakilan karena memiliki berbagai potensi, seperti lokasi pasar yang strategis yaitu di Jalan HOS Cokroaminoto.

“Saat ini, kuliner di ruas jalan tersebut juga berkembang cukup baik. Sedangkan, pedagang dari Jalan Perwakilan juga merupakan pedagang kuliner sehingga mereka bisa melengkapi dan tidak perlu mengubah jenis dagangan,” katanya.

Pedagang Jalan Perwakilan harus mengosongkan lapak mereka karena akan segera dibangun JPG. Begini solusi yang ditawarkan Pemkot Yogyakarta.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News