PTKIN Paling Diminati Ternyata Ada di Jogja

Senin, 13 Maret 2023 – 17:40 WIB
PTKIN Paling Diminati Ternyata Ada di Jogja - JPNN.com Jogja
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) merupaka salah satu kampus yang paling diminati oleh calon mahasiswa di Indonesia.

PTKIN yang paling diminati calon mahasiswa pada jalur seleksi prestasi akademik nasional (SPAN) 2023 ternyata ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Phil Al Makin mengatakan Dari 59 PTKIN di Indonesia, UIN Sunan Kalijaga meraih peringkat pertama dengan jumlah terbanyak dengan total peminat 31.931 orang calon mahasiswa.

Penerimaan mahasiswa baru di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun ini berjumlah 4.252 orang, 545 di antaranya melalui jalur SPAN PTKIN.

"Raihan posisi pertama pada SPAN PTKIN tahun 2023 ini tak terlepas dari upaya UIN Sunan Kalijaga dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan berbagai program yang menarik minat calon mahasiswa," kata Al Makin dikutip dari laman resmi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Senin (13/3).

Al Makin mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi untuk memajukan kualitas pendidikan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Menurut dia, UIN Sunan Kalijaga merupakan universitas Islam pertama di Yogyakarta dan masih menjadi satu-satunya yang terakreditasi unggul.

Total terdapat 64 program studi yang terdiri atas 41 program studi sarjana, 18 program studi magister, dan lima program studi doktor.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi PTKIN paling diminati oleh calon mahasiswa di jalur penerimaan mahasiswa berprestasi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News