Jelang Ramadan, Akan Banyak Operasi Pasar Murah di Jogja

Jumat, 17 Maret 2023 – 11:01 WIB
Jelang Ramadan, Akan Banyak Operasi Pasar Murah di Jogja - JPNN.com Jogja
Operasi pasar minyak goreng untuk warga kurang mampu di Sleman (Foto: Antara)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Jelang masuknya bulan Ramadan 1444 Hijriah, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ingin mengendalikan harga barang-barang kebutuhan pokok.

Salah satu cara yang akan dilakukan adalah dengan menggelar operasi pasar dan pasar murah di beberapa wilayah.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY telah menyiapkan 45 ton bahan pokok yang akan disalurkan untuk menekan inflasi di lima kabupaten/kota.

Kepala Disperindag DIY Syam Arjayanti mengatakan rangkaian operasi pasar akan dimulai pekan depan, sesuai arahan Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Syam mengatakan Sultan berpesan agar operasi pasar tidak hanya dilakukan di pasar-pasar besar, tetapi juga bisa menjangkau pasar kecil di level kelurahan.

"Soal kabupaten mana dahulu yang akan memulai operasi pasar, masih kami diskusikan," ujar dia, Kamis (16/3).

Menurut Syam, sebanyak 45 ton komoditas pokok yang disiapkan terdiri atas beras, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, telur, daging ayam, serta daging sapi yang harga jualnya akan disubsidi pemerintah Rp 2.000 per kilogram.

Selain itu, Disperindag DIY juga akan menggelar pasar murah yang ditujukan untuk konsumen langsung dengan aneka ragam komoditas pokok yang disiapkan mencapai 40 ton.

Disperindag DIY akan menggelar operasi pasar dan pasar murah untuk mengendalikan harga barang-barang kebutuhan pokok dan menekan inflasi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia