Faktor-Faktor Perdorong Melonjaknya Pertumbuhan Ekonomi di Kulon Progo

Senin, 20 Maret 2023 – 20:10 WIB
Faktor-Faktor Perdorong Melonjaknya Pertumbuhan Ekonomi di Kulon Progo - JPNN.com Jogja
Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA di Kulon Progo. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Pertumbuhan ekonomi 2022 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) naik signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kulon Progo, pertumbuhan ekonomi di wilayah itu pada 2022 mencapai 6,57 persen atau naik 2,2 persen poin dibandingkan 2021.

Pertumbuhan ekonomi di Kulon Progo sempat minus 3,45 persen pada 2020 karena pandemi Covid-19. Namun, perlahan ekonomi di daerah itu naik 4,37 persen pada 2021 dan naik 6,57 persen pada tahun lalu.

Kepala Badan Pusat Statistik Kulon Progo Sumarwiyanto mengeklaim Kulon Progo menjadi daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di DIY. Bahkan, angkanya melampaui pertumbuhan ekonomi di DIY yang mencapai 5,15 persen.

Menurut dia, ada beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi Kulon Progo naik signifikan, salah satunya karena hadirnya Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA.

Hadirnya kerera bandara dari Stasiun Tugu ke YIA juga membuat jumlah penumpang pesawat melonjak.

"Kenaikan jumlah penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta dan kereta api masuk dalam kategori pengangkutan," katanya.

Selanjutnya, kata Sumarwiyanto, pertumbuhan ekonomi disebabkan peningkatan jasa pariwisata di sektor restoran dan perhotelan. Bandara membuat perekonomian di Kulon Progo berkembang pesat.

Pertumbuhan ekonomi di Kulon Progo menjadi yang tertinggi di DIY. Ini beberapa faktor pendorongnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News