Keren! Jogja Bakal Punya Becak Listrik

Selasa, 21 Maret 2023 – 10:15 WIB
Keren! Jogja Bakal Punya Becak Listrik - JPNN.com Jogja
Becak listrik. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bakal memiliki becak listrik. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan modifikasi becak ini bertujuan untuk mengurangi beban kayuh.

Hal itu disampaikannya saat meninjau langsung becak-becak listrik di halaman Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Senin (20/3).

Menurutnya, modifikasi perlu dilakukan mengingat kondisi riil di jalanan Kota Jogja.

Ia mencontohkan dari Keraton Yogyakarta menuju Tugu Pal Putih sudah terdapat perbedaan ketinggian yang cukup signifikan, yaitu sekitar 35 - 40 meter hanya dalam jarak 2 kilometer saja.

“Jadi, kami ingin mengurangi beban itu lebih ringan untuk genjotnya karena ada motor penggerak yang membantu mengurangi beban tukangnya," kata Sri Sultan. 

Kendati demikian, ia tetap memberikan catata dari beberapa tampilan dan fitur becak yang perlu diperbaiki. 

“Perlu diperbaiki karena bagi wanita mungkin punya problem dengan terlalu pendek (jarak antara tempat kaki dan pembatasnya). Terus, untuk orang yang tinggi juga itu jadi masalah. Kurang dalam sedikit gitu, terlalu pendek sepertinya, jadi, kalau mengerem mendadak khawatir juga  enggak pakai sabuk pengaman bisa kejlungup,” katanya. 

Raja Kraton Yogyakarta itu berharap Dinas Perhubungan DIY sebagai leading sector proyek ini segera melakukan perbaikan.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau rancangan becak listrik pada Senin (20/3).
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia