Buntut Penutupan Patung Bunda Maria, Anggota Dewan: Keberagaman Butuh Praktik Nyata

Jumat, 24 Maret 2023 – 19:50 WIB
Buntut Penutupan Patung Bunda Maria, Anggota Dewan: Keberagaman Butuh Praktik Nyata - JPNN.com Jogja
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto. Foto: Humas DPRD DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Penutupan patung Bunda Maria di kompleks rumah doa Sasana Adhi Rasa ST Yacobus, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapat sorotan publik dan viral di media sosial. 

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengingatkan masyarakat tentang Undang-Undang Keistimewaan. 

Ia mengajak masyarakat DIY untuk menghadirkan kehidupan keberagaman secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. 

Kemudian, pemimpin umat beragama juga diminta untuk mengedepankan dialog antar pemimpin umat dalam rangka memperkukuh kohesi sosial di DIY. 

"DIY memiliki UU Keistimewaan. Di Pasal 5 Keistimewaan DIY bertujuan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan demokratis, ketenteraman dan kesejahteraan masyarakat, menjamin ke-bhinneka-tunggal-ika-an dan melembagakan peran dan tanggung jawab Kasultanan dan Kadipaten dalam menjaga dan mengembangkan budaya Yogyakarta yang merupakan warisan budaya bangsa," katanya, Jumat (24/3).

Lebih lanjut, Politisi PDI Perjuangan itu juga mengingatkan seluruh pejabat publik yang ada di daerah untuk bekerja sama memberikan teladan dalam kepemimpinan.

Menurutnya, keteladanan kepemimpinan penting dijalankan karena bisa memberikan rasa percaya kepada pemerintah.

"Keberagaman dalam keyakinan beragama itu butuh praktik nyata, bukan hanya dalam teks aturan formal, tetapi butuh mewujud dalam sikap dalam aksi," katanya.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto angkat suara terkait penutupan patung Bunda Maria di Kulon Progo. Menurut dia, keberagaman butuh praktik nyata.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia