Sehatkah Berbuka Puasa dengan Gorengan? Begini Kata Ahli Gizi UGM

Rabu, 29 Maret 2023 – 12:34 WIB
Sehatkah Berbuka Puasa dengan Gorengan? Begini Kata Ahli Gizi UGM - JPNN.com Jogja
Ilustrasi Takjil gorengan. Foto: Ricardo/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gorengan adalah salah satu jajanan yang sering kita jumpai jelang berbuka puasa. Rasanya yang nimat membuat banyak orang memilih untuk berbuka puasa dengan menyantap gorengan.

Namun, Ahli Gizi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Tony Arjuna tidak menyarankan orang berbuka puasa dengan gorengan karena jajanan itu mengandung banyak lemak yang tidak sehat.

"Gorengan sangat tidak direkomendasikan untuk berbuka puasa karena komposisinya dominan karbohidrat dan lemak tidak sehat," kata Tony, Selasa (28/3).

Proses pengolahan gorengan, kata Tony, biasanya menggunakan minyak yang telah dipakai secara berulang-ulang.

Kondisi tersebut menjadikan minyak sebagai sumber kolesterol yang sebenarnya tidak ideal untuk digunakan.

"Kan jarang ada gorengan yang satu sampai dua kali pakai ganti minyaknya. Kebanyakan minyak yang digunakan itu sudah dipakai berkali-kali sehingga jadi sumber kolesterol," ujar dia.

Selain mengandung lemak tidak sehat, Tony menjelaskan gorengan juga tersusun dari karbohidrat sederhana.

Karbohidrat jenis tersebut, menurut dia, memiliki sifat cepat dibakar dan dicerna oleh tubuh sehingga kadar gula darah dalam tubuh cepat turun dan membuat cepat merasa lapar.

Ahli gizi UGM menyarankan masyarakat tidak berbuka puasa dengan gorengan karena jajanan itu mengandung lemak yang tidak sehat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia