Tanggul Sungai di Bantul Jebol, Begini Penanganan Sementara dari BPBD

Kamis, 30 Maret 2023 – 18:00 WIB
Tanggul Sungai di Bantul Jebol, Begini Penanganan Sementara dari BPBD - JPNN.com Jogja
Tanggul sungai di samping perumahan wilayah Kelurahan Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang jebol karena aliran sungai (Dokumentasi relawan)

jogja.jpnn.com, BANTUL - Tanggul sungai di samping perumahan wilayah Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dilaporkan longsor pada Minggu (26/3).

Warga sekitar meminta pemerintah daerah untuk menangani longsor tersebut karena berpotensi menimbulkan bencana.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul kemudian menyiapkan ratusan karung berisi pasir untuk penanganan sementara.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul Agus Yuli Herwanto mengatakan pihaknya sudah menerjunkan personel tim reaksi cepat (TRC) untuk melakukan asesmen atau penilaian lapangan menindaklanjuti laporan warga.

"Dari asesmen itu ada kebutuhan yang diperlukan, yaitu karung dan bronjong. Namun, yang kami siap hanya karung berisi pasir agar longsor tidak berambah," kata dia.

Menurut Agus, pada awalnya BPBD Bantul hanya menyanggupi karung tanpa isi agar isi atau pasir dalam karung dapat dipasang di bekas tanggul sungai jebol, tetapi warga tidak menghendaki dan memohon bantuan lebih lanjut.

"Berhubung Pak Bupati menghubungi saya sehingga mau tidak mau harus kami usahakan karung berisi pasir. Pokoknya untuk penanganan pertama dahulu dan kami langsung kerahkan TRC ke lokasi," katanya.

Menurut dia, ada sekitar 500 karung berisi pasir yang disiapkan pemerintah daerah untuk penanganan sementara tanggul sungai yang jebol.

BPBD Bantul menyiapkan ratusan karung berisi pasir untk menangani tanggul di pinggir sungai yang jebol.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News