Terungkap, Ini Penyebab Jalan di Desa Sriharjo Bantul Sering Longsor

Jumat, 17 Februari 2023 – 10:02 WIB
Terungkap, Ini Penyebab Jalan di Desa Sriharjo Bantul Sering Longsor - JPNN.com Jogja
Jalan ambles di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul dan tim dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) sedang mencari penyebab longsor di beberapa ruas jalan di Pedukuhan Wunut, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri.

Berdasarkan hasil penelitian, terungkap bahwa jalan di Desa Sriharjo sering longsor karena terdapat kadar air yang tinggi.

Seorang peneliti dari Tim Pengkaji Fakultas Teknik UGM, Fikri Faris mengatakan tanah lanau lempungan berplastisitas tinggi di segmen ruas jalan longsor memiliki tingkat kejenuhan penuh dalam artian seluruh pori-pori tanah terisi oleh air.

"Tingginya kadar air diakibatkan dari penjenuhan oleh hujan yang telah berlangsung cukup lama sebelum kejadian," katanya.

Menurut dia, kadar air yang tinggi mengakibatkan tanah bersifat sangat lunak, memiliki daya dukung yang rendah, dan sangat mudah bergerak. Hal itu menyebabkan konstruksi turap beton precetak tidak dapat menahan gerakan tanah.

Peneliti dari Tim Pengkaji UGM lainnya I Gde Budi Indrawan mengatakan segmen ruas jalan longsor di Desa Sriharjo berada pada morfologi lembah perbukitan di atas lereng Kali Oyo. Di selatan segmen ruas jalan longsor, aliran air Kali Oyo berbelok ke arah utara sehingga cenderung menggerus lereng sungai pada segmen ruas jalan longsor.

"Konstruksi jalan desa ini berada di atas endapan alluvial lanau lempungan yang dialasi oleh batuan breksi andest Formasi Nglanggran. Tanah lanau lempungan di segmen ruas jalan longsor memiliki ketebalan hingga 12 meter dan sifat plastisitas tinggi," katanya.

Ali Awaludin dari Tim Pengkaji UGM lainnya mengatakan untuk menjamin konstruksi jalan yang stabil dan handal perlu perencanaan yang komprehensif mempertimbangkan berbagai aspek, antara lain geomorfologi sungai, geologi, air tanah, curah hujan, kegempaan, geoteknik, dan tata guna lahan.

Tim peneliti dari UGM telah menyimpulkan apa yang menjadi penyebab jalan di Desa Sriharjo sering terjadi longsor. Ternyata...
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News