Pernah Terjadi Kecelakaan Maut, Kini Jalur Imogiri-Dlingo Boleh Dilewati Bus Pariwisata

Jumat, 14 April 2023 – 06:00 WIB
Pernah Terjadi Kecelakaan Maut, Kini Jalur Imogiri-Dlingo Boleh Dilewati Bus Pariwisata - JPNN.com Jogja
Jl. Imogiri - Dlingo, Kabupaten Bantul salah satu jalur rawan kemacetan saat Nataru. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Kawasan Mangunan, Imogiri, Kabupaten Bantul merupakan salah satu destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Saat libur Lebaran, banyak wisatawan dari luar Jogja ingin pergi ke kawasan tersebut untuk berlibur ke Kebun Buah Mangunan atau Hutan Pinus.

Jika Anda ingin bepergian ke sana menggunakan bus pariwsata pada libur Lebaran tahun ini, ada jalur yang direkomendasikan oleh Dinas Perhubungan setempat, yaitu melalui jalur Imogiri-Mangunan.

Di jalur tersebut, tepatnya di kawasan Bukit Bego, pernah terjadi kecelakaan maut yang menewaskan 14 penumpang pada Februari 2022.

Meskipun begitu, Kepala Dinas Perhubungan Bantul Singgih Riyadi mengatakan itu adalah jalur terbaik dan teraman untuk dilalui oleh bus-bus pariwisata saat ini.

Dishub Bantul telah menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka persiapan menghadapi kepadatan arus lalu lintas selama libur Lebaran 2023, termasuk pada jalur menuju objek wisata Mangunan, Dlingo.

"Sudah dipasangi rambu-rambu sebelum Pinus Pengger kalau dari arah utara. Artinya, bus pariwisata sehabis wisata ke Gunungkidul itu harus turun dahulu. Jika ingin wisata ke Mangunan dan sekitarnya diarahkan lewat jalur Imogiri Mangunan," katanya.

Jalur menuju kawasan wisata Mangunan Dlingo ada dua jalur, yaitu dari utara melewati simpang tiga Patuk Gunungkidul ke selatan atau Patuk-Dlingo dan dari selatan melewati jalur Imogiri-Mangunan. Akan tetapi, yang direkomendasikan untuk dilewati bus pariwisata adalah dari Imogiri.

Bus-bus pariwisata yang ingin pergi ke kawasan Mangunan, Imogori, disarankan untuk melewati jalur Imogiri-Dlingo karena jalur Patuk-Dlingo sedang rusak.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News