Warga Sleman Bisa Meminta Pengecekan Uji Kelayakan Bus, Caranya...

Selasa, 18 April 2023 – 15:03 WIB
Warga Sleman Bisa Meminta Pengecekan Uji Kelayakan Bus, Caranya... - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bus pariwisata. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Menjelang Lebaran 2023 banyak masyarakat yang akan bepergian menggunakan bus, baik untuk mudik atau berwisata.

Bagi warga Sleman yang ingin bepergian menggunakan bus, Dinas Perhubungan setempat siap untuk diminta memantau uji kelayakan atau rampcheck.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Arip Pramana mengatakan masyarakat atau instansi seperti sekolah atau perkantoran yang hendak melakukan perjalanan wisata dengan menggunakan bus bisa meminta petugas untuk rampcheck.

Arip mengatakan bagi masyarakat yang menginginkan dilakukan uji kelayakan kendaraan angkutan wisata, bisa mengajukan permohonan ke Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman.

"Nanti petugas kami akan datang melakukan uji kelayakan kendaraan wisata. Uji kendaraan wisata bisa dilakukan di titik kumpul rombongan sebelum keberangkatan atau di garasi bus yang digunakan," katanya.

Menurut Arip, Dishub akan melakukan sistem jemput bola untuk memastikan bus-bus yang akan digunakan benar-benar layak jalan.

"Kami akan mendatangi langsung di masing-masing garasi bus angkutan Lebaran," kata dia.

Arip mengatakan sekitar 22 persen pemudik diperkirakan akan menggunakan moda transportasi bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Dishub Sleman menerima permintaan pengecekan bus yang akan digunakan oleh masyarakat untuk mudik atau berwisata selama libur Lebaran 2023.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News