Sudah Mampir ke Festifal Klangenan di Pasar Gabusan? Banyak Jajanan yang Bikin Nostalgia

Jumat, 28 April 2023 – 22:02 WIB
Sudah Mampir ke Festifal Klangenan di Pasar Gabusan? Banyak Jajanan yang Bikin Nostalgia - JPNN.com Jogja
Festival Klangenan di Pasar Gabusan. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul menggelar Festival Klangenan di Pasar Seni Gabusan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 26-30 April 2023.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul Agus Sulistiyana mengatakan Festival Klangenan adalah pameran barang dan jajanan tempo dahulu.

"Festival Klangenan menjadi sarana nostalgia bagi masyarakat untuk mengenang kembali masa lalu yang menyenangkan, baik mengenang barang barang maupun makanan jajanan tempo dahulu," kata Kepala Agus, Jumat (28/4).

Di Festival Klangenan Anda dapat menjumpai berbagai hal yang bernuansa kekunoan dan ngangeni atau barang-barang Klangenan seperti kerajinan tangan, barang antik, sarana permainan anak, serta jajanan seperti gudeg, jenang gempol, wedang uwuh dan lain lain.

"Mudah-mudahan aktualisasi masa lalu yang menyenangkan yang dikemas dalam bentuk Festival Klangenan tersebut juga dapat menjadikan sebagai proses pewarisan budaya," katanya.

Agus mengaku telah mengantar rombongan tamu dari Jakarta yang tertarik datang ke Festival Klangenan untuk melihat barang-barang tempo dahulu.

"Festival Klangenan dilakukan bersamaan dengan momen Idulfitri dengan harapan masyarakat Kabupaten Bantul yang selama ini merantau dan sempat pulang ke kampung halaman dapat ikut menikmati suasana nostalgia," katanya.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan guna ikut melestarikan kebudayaan dan mengembangkan kearifan lokal, pada pembukaan Festival dibuka dengan penampilan Sanggar Seni Kinanti Sekar, tarian harmoni nusantara yang menggambarkan indahnya nusantara.

Jika Anda ingin bernostalgia dengan barang-barang tempo dahulu, silakan mampir ke Festival Klangenan di Pasar Gabusan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News