Jenis Penyakit yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Kemarau

Kamis, 20 Juli 2023 – 12:01 WIB
Jenis Penyakit yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Kemarau - JPNN.com Jogja
ILustrasi - Kekeringan pada musim kemarau di Jogja. Foto: Kementerian Pertanian

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini masih dilanda musim kemarau, tetapi dengan cuaca tidak menentu. Perubahan cuaca dari panas ke hujan masih terjadi di beberapa wilayah.

Oleh karena itu, warga Jogja diminta untuk mewaspadai sejumlah penyakit yang biasanya muncul saat musim kemarau.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul Agus Tri Widiyantara mengatakan ada beberapa jenis penyakit yang kerap meningkat penderitanya saat musim kemarau karena kondisi lingkungan yang kering dan penuh debu.

Penyakit-penyakit itu antara lain batuk, pilek, influenza, infeksi saluran pernapasan atas, diare dan muntaber.

"Kemudian, karena banyak debu beterbangan tentunya juga terkait dengan penyakit mata. Debu yang masuk ke mata menyebabkan iritasi mata. Langkah antisipasinya dengan selalu menggunakan kacamata bila berada di daerah yang banyak debu," katanya.

Dinas kesehatan juga menyarankan masyarakat agar slelau menggunakan masker meskipun masa pandemi Covid-19 sudah berlalu.

"Bisa memproteksi diri sendiri agar terhindar dari penyakit yang mungkin terjadi pada musim kemarau dengan menggunakan masker ketika berada di tempat banyak debunya. Jadi, masker selalu dipakai tidak hanya pada waktu ada Covid-19," katanya.

Warga Jogja diimbau untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar daya tahan tubuh makin meningkat.

Dinas Kesehatan Bantul meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap beberapa penyakit yang kerap menyerang saat musim kemarau.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia