Lihat, Ada Patung Bung Karno di Sleman, Tingginya 6 Meter

Kamis, 24 Agustus 2023 – 09:15 WIB
Lihat, Ada Patung Bung Karno di Sleman, Tingginya 6 Meter - JPNN.com Jogja
Patung Bung Karno di Sleman. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Rumah Budaya Oemah Petruk di Desa Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini memiliki patung Presiden pertama RI Ir Soekarno atau Bung Karno.

Patung setinggi enam meter itu dibuat oleh seniman asal Jogja, Dunadi.

Menurut Dunadi, pembuatan patung Bung Karno kali ini didasari atas keinginannya untuk menyediakan literatur mengenai Pancasila, toleransi dan keberagaman.

Sosok Bung Karno sebagai pencetus lima prinsip dasar Pancasila, kata dia, kemudian dihadirkan melalui patung raksasa dengan tangan kanan membawa buku dan tangan kiri menunjuk.

"Buku itu sebenarnya konsep tentang Pancasila, kemudian dia akan memperingatkan kita bahwa ini loh saya meninggalkan konsep-konsep kenegaraan dan itu harus berjalan," kata Dunadi.

Peresmian patung Bung Karno di Oemah Petruk dihadiri langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Dia didampingi oleh bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo, anggota BPIP Romo Benny Susetyo dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Megawati mengatakan keberadaan patung di Sleman mengingatkan dia pada patung Bung Karno di halaman Kantor Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas) RI.

"Waktu itu ketua Lemhannas mengatakan ingin membuat patung Bung Karno dan saya tentunya berterima kasih," kata dia.

Oemah Petruk kini memiliki patung Bung Karno setinggi enam meter. Dibuat oleh Dunadi, diresmikan oleh Megawati.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia