Sultan HB X Mencoblos di TPS Cokronegaran, Ganjar-Mahfud Unggul

Kamis, 15 Februari 2024 – 09:05 WIB
Sultan HB X Mencoblos di TPS Cokronegaran, Ganjar-Mahfud Unggul - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sultan HB X menggunakan hak pilihnya di TPS Cokronegaran. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta keluarga menggunakan hak pilih di TPS 12 Ndalem Cokronegaran, Panembahan, Keraton, Kota Yogyakarta.

Di TPS itu, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD unggul dalam perolehan 117 suara, disusul pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 76 suara, dan pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 35 suara.

Ketua KPPS TPS 12 Cokronegaran, Suroto, mengatakan tercatat ada 228 suara sah dan dua suara tidak sah dari total 230 orang yang menggunakan hak pilihnya.

"Total keseluruhan 228 suara dan dua suara tidak sah," kata Suroto, Rabu (14/2).

Terkait dua surat suara yang dinyatakan tidak sah, Suroto menjelaskan salah satu di antaranya karena tiga gambar pasangan calon dicoblos semuanya dan satu lainnya tidak ada yang dicoblos.

Menurut Suroto, tidak ada protes atau keberatan dari para saksi terhadap hasil penghitungan suara calon presiden dan calon wakil presiden yang berlangsung sekitar dua jam itu.

Dari total 283 orang yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 12, dia mengakui banyak yang tidak menggunakan hak suara atau sebanyak 53 orang tidak datang.

"Jika tidak datang, kami kembalikan, kami silang dahulu. Iya, dirusak dahulu kami anggap rusak," ujar dia.

Gubernur DIY Sultan HB X menggunakan hak pilihnya di TPS Cokronegaran. Di sana, pasangan Ganjar-Mahfud unggul dalam perolehan suara.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia