TPA Piyungan Kembali Buka, Masyarakat Diminta Tetap Mengelola Sampah

Selasa, 05 September 2023 – 18:54 WIB
TPA Piyungan Kembali Buka, Masyarakat Diminta Tetap Mengelola Sampah - JPNN.com Jogja
Kondisi di TPA Piyungan. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Piyungan kembali dibuka secara terbatas pada hari ini, setelah sempat ditutup sejak 23 Juli lalu.

Meski begitu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih berharap masyarakat tetap menjalankan program pengelolaan sampah secara mandiri.

"Jadi, intinya walaupun TPST Piyungan dibuka, kami masih terus berusaha karena sudah diambil keputusan Bantul harus mandiri dalam mengelola sampah," kata Halim, Selasa (5/9).

Dengan demikian, kata dia, Bantul tidak terpengaruh adanya pembukaan kembali TPST Piyungan karena pemkab lebih memilih opsi menyelesaikan sampah secara mandiri dan permanen demi keberlanjutan lingkungan hidup yang lebih sehat.

Bupati meminta warga Bantul untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk dan mendaur ulang sampah nonorganik.

Dia menyarankan masyarakat yang memiliki lahan untuk membuat juglangan atau lubang tempat menimbun sampah-sampah organik.

"Setiap rumah tangga minimal punya juglangan untuk mengubur sampah, seperti yang dilakukan nenek moyang kita dahulu," ucap dia.

Menurut Halim, dahulu kala sampah tidak pernah menjadi masalah karena selalu diselesikan di tingkat rumah tangga dan produksinya tidak sebanyak saat ini.

TPA Piyungan di Bantul akhirnya kembali dibuka. Namun, masyarakt diminta tetap menjalankan program pengolahan sampah secara mandiri.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia