Jangan Diam, Lakukan Hal Ini Jika Orang Terdekatmu Ingin Bunuh Diri

Minggu, 17 September 2023 – 17:30 WIB
Jangan Diam, Lakukan Hal Ini Jika Orang Terdekatmu Ingin Bunuh Diri - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Cara mencegah orang terdekat bunuh diri (ANTARA/Pexels)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kasus bunuh diri kembali terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Seorang mahasiswa dari perguruan tinggi ternama diduga mengakhiri hidupnya di kamar kos-kosan.

Mahasiswa asal Tangerang berinisial A (20) ditemukan tergantung tidak bernyawa di pintu kamar indekosnya di Pugong Lor, Sleman, Sabtu (16/9). Polisi tidak menemukan tanda-tanda kekerasan sehingga kuat dugaan A memang ingin mengakhiri hidupnya.

Beberapa waktu lalu, kasus bunuh diri mahasiswa di Jogja juga terjadi Hotel Porta Ambarrukmo, Sleman.

Kasus bunuh diri memang meningkat di tengah tekanan hidup yang tinggi, pola hidup, dan aktivitas di media sosial yang bisa meningkatkan depresi.

Jika Anda memiliki orang terdekat yang menunjukkan gejala ingin bunuh diri, segera lakukan langkah-langkah penting untuk mencegahnya. Ada beberapa tahap penting yang bisa Anda lakukan untuk mencegah seseorang bunuh diri.

Spesialis Kedokteran Jiwa Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta dr. Gina Anindyajati memaparkan empat tahap untuk mencegah orang terdekat bunuh diri.

Gina mengatakan Anda cukup memperlakukannya sebagaimana apa yang diinginkan manusia pada umumnya, yaitu diperhatikan, ditanyai, didengarkan, dan diarahkan.

Menurut Gina, kita perlu memperhatikan perasaan orang-orang terdekat. Apakah ada perubahan perilaku? Apakah rekan kita merasa terancam? Atau ada hal-hal lain yang ingin ia ceritakan.

“Kedua, tanyakan, ada apa? Apa kamu baik-baik saja? Apa yang terjadi dan apa yang dirasakan akhir-akhir ini? Namun, ingat, jangan menanyakan hal-hal yang tidak enak,” ujarnya.

Satu tantangan besar ketika menanyakan kondisi seseorang, kata dia, kecenderungan untuk tidak benar-benar mendengarkan, tetapi hanya sekadar penasaran, ingin tahu, atau kadang malah berujung pada menceritakan masalah pribadi sendiri.

“Tantangan terbesarnya itu, maka, selanjutnya yang perlu dilakukan yakni mendengarkan, bukan menceritakan masalah pribadi, menasehati, menceramahi, menghakimi, dan lain sebagainya,” ucap Gina.

Anda bisa melakukan beberapa langkah penting untuk mencegah orang terdekat melakukan aksi bunuh diri. Berikut penjelasan dari dokter spesialis jiwa, dr. Gina.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News