Masalah Perspektif Jadi Faktor Diskriminasi Terhadap Kelompok Rentan di Jogja

Kamis, 05 Oktober 2023 – 18:03 WIB
Masalah Perspektif Jadi Faktor Diskriminasi Terhadap Kelompok Rentan di Jogja - JPNN.com Jogja
Koalisi Nasional Kelompok Rentan Anti Diskriminasi (KAIN) menggelar konferensi pers pada Rabu (4/10). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kasus-kasus diskriminasi terhadap kelompok rentan sering terjadi dan terulang di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kasus terbaru yang mencuat beberapa waktu lalu adalah penutupan patung Bunda Maria di Kabupaten Kulon Progo.

Purwanti dari Koalisi Nasional Kelompok Rentan Anti Diskriminasi (KAIN) mengatakan terkait kasus diskriminasi yang terulang di DIY ini ia menyebut ada mekanisme pembelajaran yang tidak tuntas.

"Kasus-kasus yang terjadi tahun 2016, 2017, itu kan beberapa waktu lalu terjadi juga di Kulon Progo ketika patung Bunda Maria harus ditutup," ujar Purwanti, Rabu (4/10).

Dia menyebut bahwa rentetan peristiwa diskriminasi tersebut tidak lantas menjadi pembelajaran untuk mengubah kebijakan yang ada.

"Bahkan kalau kita lihat dalam proses mediasi yang terjadi itu kebanyakan kemudian menyudutkan kelompok minoritas yang seharusnya dilindungi, tetapi justru makin terpinggirkan," katanya. 

Purwanti mengatakan hal ini terjadi karena belum tuntasnya masalah perspektif, tanggung jawab dan kewenangan. 

Pemerintah sendiri, menurutnya, seharusnya memiliki power untuk melindungi kelompok rentan, bukan justru balik menekan.

Mengapa kasus-kasus diskriminasi di Daerah Istimewa Yogyakarta terus terulang? Begini pendangan Koalisi Nasional Kelompok Rentan Anti Diskriminasi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News