6 Jembatan di Bantul Ini Akan Segera Diperbaiki

Senin, 23 Oktober 2023 – 17:18 WIB
6 Jembatan di Bantul Ini Akan Segera Diperbaiki - JPNN.com Jogja
Salah satu jembatan di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Enam jembatan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan segera diperbaiki oleh pemerintah setempat.

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul telah menyediakan belasan milar rupiah menggunakan anggaran 2023.

Kepala DPUPKP Bantul Aris Suharyanta mengatakan bahwa total ada enam jembatan akan diperbaiki tahun ini. Beberapa pekerjaan sudah selesai, yang lainnya direncanakan rampung pada awal Desember 2023.

Beberapa jembatan yang akan diperbaiki, di antaranya Jembatan Dogongan di Kelurahan Sriharjo Imogiri dengan biaya Rp 5 miliar, Jembatan Giriloyo Imogiri dengan biaya Rp 2 miliar, dan Jembatan Jomegatan di Kasihan dengan biaya Rp 500 juta, Jembatan Sranggahan di Banguntapan dengan biaya Rp 2,5 miliar, Jembatan Dagaran dengan biaya Rp 4,5 miliar, dan Jembatan Pandes di Sewon yang belum terkonfirmasi jumlah anggarannya.

"Selain meningkatkan konstruksi jembatan, ada juga pelebaran karena kondisinya kurang lebar," kata Aris, Senin (23/10).

Dia juga menyatakan bahwa banyak jembatan di Bantul yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan, terutama jembatan di jalan desa yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat dan pemerintah desa setempat.

Dia menyatakan bahwa perbaikan tidak dapat diusulkan dalam anggaran pemerintah kabupaten karena status jalan belum berada di bawah kendali kabupaten.

"Kami tidak bisa memperbaikinya jika status jalannya belum ditingkatkan," ucap dia.

Pemkab Bantul berencana akan memperbaiki enam jembatan yang membutuhkan perbaikan atau peremajaan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News