Pembangunan Pelabuhan Pantai Gesing Hampir Rampung

Rabu, 01 November 2023 – 07:09 WIB
Pembangunan Pelabuhan Pantai Gesing Hampir Rampung - JPNN.com Jogja
Pelabuhan ikan Pantai Gesing. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pembangunan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pantai Gesing, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hampir selesai.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY menargetkan bahwa pelabuhan Panti Gesing akan diresmikan pada awal tahun depan.

Kepala DKP DIY Bayu Mukti Sasongka mengatakan peresmian pelabuhan Pantai Gesing bisa dilakukan pada triwulan pertama 2024.

Menurut dia, pembangunan tahap satu yang mencakup zona inti pelabuhan seperti kolam, dermaga, hingga tempat pelelangan ikan sudah rampung sepenuhnya dan saat ini dalam masa pemeliharaan.

"Tahap satu sudah selesai, tinggal pemeliharaan, perapian, dan pembersihan. Untuk masa pemeliharaan sampai dengan enam bulan ke depan," ujar dia.

Sedangkan untuk pembangunan tahap dua meliputi bangunan perkantoran serta sarana pendukung lainnya diperkirakan tuntas hingga akhir 2023.

Menjelang akhir pengerjaan fisik pelabuhan yang telah dimulai sejak 2022 itu, DKP DIY sebagai pengelola pelabuhan akan melakukan uji coba operasional sampai akhir tahun.

"Sekarang sudah mulai masuk kapal-kapal kecil. Ini nanti sekaligus uji coba, sehingga kami targetkan sampai dengan akhir tahun sudah bisa kita operasionalkan dengan baik," ujar Bayu.

Pembangunan pelabuhan ikan di Pantai Gesing Gunungkidul hampir selesai dan ditargetkan untuk diresmikan pada awal tahun depan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News