Makna di Balik Upacara Majang Tarub dan Majang Pasareyan dalam Rangkaian Dhaup Ageng

Senin, 08 Januari 2024 – 15:01 WIB
Makna di Balik Upacara Majang Tarub dan Majang Pasareyan dalam Rangkaian Dhaup Ageng - JPNN.com Jogja
Prosesi upacara Majang Tarub menjelang Dhaup Ageng pada Minggu (7/1). Foto: Panitia Dhaup Ageng

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kadipaten Pakualaman menggelar upacara Majang Tarub dan Majang Pasareyan dalam rangkaian Dhaup Ageng atau pernikahan putra bungsu KGPAA Paku Alam X, B.P.H. Kusumo Kuntonugroho dengan dr. Laily Annisa Kusumastuti.

Upacara Majang Tarub dan Majang Pasareyan berlangsung pada Minggu (7/1) di tratag rambat Kagungan Dalem Bangsal Sewatama.

Prosesi diawali dengan doa dan wilujengan. Kemudian dilanjutkan dengan Majang Tarub yang terdiri dari memasang bleketape dan tuwuhan.

Selanjutnya Majang Pasareyan dilakukan di kamar calon pengantin laki-laki, kamar calon pengantin putri serta papan upacara tampakaya.

Secara makna dalam bahasa Jawa, tarub berarti hiasan untuk pernikahan yang terdiri dari dedaunan.

"Bleketepe yang terbuat dari anyaman daun kelapa yang dimaknai sebagai penyaring energi negatif diharapkan penyelenggara prosesi pernikahan dapat berjalan dengan selamat, lancar dan dalam berkah-Nya," kata Gusti Pangeran Haryo Wijoyo Harimurti didampingi Bendoro Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro.

Kemudian, majang adalah menata dengan terencana atas segenap perlengkapan yang akan digunakan calon pengantin.

"Diharapkan dalam hidup berumah tangga sang pengantin kelak senantiasa mampu menata diri sehingga tercipta suasana yang indah, harmonis," ujarnya. (mcr25/jpnn)

Kadipaten Pakualaman mengawali Dhaup Ageng dengan upacara Majang Tarub dan Majang Pasareyan. Apa maksa dari acara tersebut?

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia