Tingkat Konsumsi Ikan di Jogja Masih Rendah

Sabtu, 05 Oktober 2024 – 19:30 WIB
Tingkat Konsumsi Ikan di Jogja Masih Rendah - JPNN.com Jogja
Ilustrasi: transaksi jual beli ikan di pasar. Foto: Meylinda Putri Yani Mukin/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Masyarakat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) didorong untuk makan ikan guna memenuhi kebutuhan gizi.

Wakil Ketua I TP PKK DIY, GKBRAA Paku Alam mengatakan tingkat konsumsi ikan di DIY masih cukup rendah, yaitu 35,83 kg per capita per tahunnya.

Upaya pihaknya untuk meningkatkan jumlah konsumsi ikan pada masyarakat salah satunya adalah dengan menggelar Lomba Masak Serba Ikan Peringatan Hari Ikan Nasional di Pendopo Wiyatapraja, Jumat (4/10).

Melalui lomba ini pihaknya mengajak, memotivasi dan mendorong masyarakat untuk gemar makan ikan.

"Ikan merupakan sumber gizi dan protein yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, yang ada permasalahan tentang kesehatan berkaitan gizi, seperti stunting,” katanya.

Sekretaris Daerah DIY Beny Suharsono mengatakan bahwa pencegahan stunting melalui gerakan makan ikan dapat dibiasakan dari keluarga.

"Ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein tinggi dan memiliki kandungan asam lemak, Omega 3, Omega 6 dan Omega 9, sangat relevan sebagai salah satu sumber gizi untuk mendukung program pencegahan dan penanganan stunting," kata Beny.

Dalam Lomba Masak Serba Ikan 2024 tingkat DIY tersebut, tim Kabupaten Gunungkidul keluar sebagai sebagai Juara 1. Diikuti Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta menempati juara 2 dan 3. (mcr25/jpnn)

Melalui lomba memasak serba ikan ini diharapkan membumikan gemar makan ikan di masyarakat Yogyakarta.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Sukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News