Kesan Anies Baswedan Saat Menghadiri Dhaup Ageng Pakualaman

Rabu, 10 Januari 2024 – 20:15 WIB
Kesan Anies Baswedan Saat Menghadiri Dhaup Ageng Pakualaman - JPNN.com Jogja
Anies Baswedan saat menghadiri resepsi Dhaup Ageng Pakualaman. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan hadir sebagai salah satu tamu undangan dalam Dhaup Ageng Pakualaman atau pernikahan agung putra bungsu KGPAA Paku Alam X, BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti pada Rabu (10/1).

Anies memberikan kesan seusai menghadiri resepsi di Pura Pakualaman. Menurut Anies, pernikahan agun hari ini mencerminkan tingginya nilai budaya Jawa.

Anies mengaku sempat menyampaikan pesan kepada BPH Kusumo Kuntonugroho agar tradisi luhur di Pakualaman tersebut kelak terus dilestarikan.

"Kami merasakan luhurnya adat budaya dan itu tradisi yang harus dijaga, dikembangkan karena itu tadi saya sampaikan kepada Paku Alam X, keluarga dan dua mempelai," katanya.

Bagi Anies, pernikahan agung tersebut bukan sekadar prosesi yang mempertemukan dua mempelai menjadi pasangan suami istri, melainkan sebuah peristiwa budaya yang syarat dengan nilai-nilai luhur.

Dia merasa terhormat diberi kesempatan untuk hadir beserta istri menyaksikan langsung resepsi Dhaup Ageng, sekaligus menyampaikan doa restu kepada dua mempelai.

"Semoga mereka bukan saja menjadi keluarga bahagia, keluarga yang mendapat keberkahan, tetapi juga keluarga yang akan terus menjaga dan mengembangkan tradisi luhur yang hari ini telah sama-sama kita rasakan dan saksikan," ujarnya.

Selain Anies, sejumlah tokoh, termasuk para menteri seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hadir dalam resepsi hari pertama Dhaup Ageng itu.

Capres Anies Baswedan turut hadir sebagai tamu undangan dalam Dhaup Ageng Pakualaman. Dia menyampaikan kesan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News