Forum Cik Di Tiro Berduka di Depan Gedung Agung Yogyakarta

Selasa, 16 Januari 2024 – 16:38 WIB
Forum Cik Di Tiro Berduka di Depan Gedung Agung Yogyakarta  - JPNN.com Jogja
Aksi menabur bunga di depan gedung Agung Yogyakarta. Foto: Dok..Forum Cik Di Tiro

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Forum Cik Di Tiro menggelar Kongres Penyintas Rezim Jokowi dan tabur bunga di depan Gedung Agung Yogyakarta pada Senin (15/1).

Kegiatan ini merupakan bentuk protes kalangan masyarakat sipil terhadap kebijakan Presiden Jokowi.

Inisiator Forum Cik Di Tiro Masduki mengatakan peserta kongres adalah perwakilan dari berbagai organisasi masyarakat sipil.

Gedung Agung dipilih sebagai tempat menabur bunga karena dianggap sebagai simbol kekuasaan yang kini telah mati.

"Kaus hitam yang kami pakai selain pertanda duka dan simbol kesedihan, juga menjadi energi untuk perlawanan jiwa, nurani dan pikiran atas ketamakan kekuasaan tiga periode lewat campur tangan berlebihan dari Jokowi," kata Masduki.

Koordinator Kongres Penyintas Rezim Jokowi, Sana Ullaili mengatakan 2023 menjadi penanda munculnya rezim otoriterianisme.

"Kematian demokrasi makin mudah dilihat dengan adanya cawe-cawe presiden, bukan untuk kepentingan bangsa, tetapi untuk anak-anaknya," kata Sana.

Menurutnya, rezim Jokowi telah melahirkan berbagai regulasi yang bermasalah, seperti melanggar HAM, merampas ruang hidup hingga mengekang kebebasan warga sipil. (mcr25/jpnn)

Forum Cik Di Tiro menggelar Kongres Penyintas Rezim Jokowi di depan Gedung Agung Yogyakarta.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News