Usman Hamid Hadir di Kongres Penyintas Rezim Jokowi, Menabur Bunga Atas Matinya Demokrasi

Senin, 15 Januari 2024 – 15:06 WIB
Usman Hamid Hadir di Kongres Penyintas Rezim Jokowi, Menabur Bunga Atas Matinya Demokrasi - JPNN.com Jogja
Usman Hamid berorasi dalam Kongres Penyintas Rezim Jokowi di depan Istana Negara Yogyakarta pada Senin (15/1). Foto: Januardi/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Forum Cik Di Tiro menggelar Kongres Penyintas Rezim Jokowi di depan Istana Negara Yogyakarta pada Senin (15/1).

Kegiatan ini digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi demokrasi dan penegakan hukum semasa kepemimpinan presiden Joko Widodo (Jokowi).

Beberapa isu yang menjadi sorotan Forum Cik Di Tiro adalah kebijakan yang tidak pro rakyat, pembungkaman, kriminalisasi aktivis hingga perampasan ruang hidup.

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid hadir dan berorasi dalam kegiatan tersebut. Ia turut menabur bunga sebagai simbol matinya demokrasi di Indonesia. 

Menurut dia, sudah tepat jika Forum Cik Di Tiro menganggap bahwa demokrasi di Indonesia sudah mati.

Usman mengatakan ada tiga indikator yang bisa digunakan untuk mengukur kualitas demokrasi di Indonesia, yaitu kebebasan berekspresi di ruang publik, oposisi di parlemen, dan sistem pemilu. 

"Tiga indikator itu sekarang sudah rusak, apalagi Mahkamah Konstitusi yang saat ini sudah jadi mahkamah keluarga," kata Usman saat berorasi di depan Istana Kepresidenan Yogyakarta. 

Lebih lanjut, Usman juga menyoroti kebijakan ekonomi selama kepemimpinan Jokowi.

Para penyintas kebijakan Presiden Jokowi menabur bunga di depan Istana Negara Yogyakarta. Turut hadir aktivis HAM Usman Hamid.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News