Kementan dan Pemprov DIY Sepakat Membangun Ekonomi Lewat Pertanian

Kamis, 25 Januari 2024 – 20:00 WIB
Kementan dan Pemprov DIY Sepakat Membangun Ekonomi Lewat Pertanian - JPNN.com Jogja
Penanaman padi metode IP 400 di Bulak Blawong, Bantul yang dihadiri Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Wagub DIY KGPAA Paku Alam X, Rabu (24/1). Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dan Pemprov DIY bekerja sama dalam membangun perekonomian dari sektor pertanian.

Pembahasan tersebut dilakukan Amran bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kraton Kilen, Kota Yogyakarta pada Selasa (23/1).

Menurut Amran, pertanian menjadi aspek paling strategis dalam pembangunan perekonomian negara.

“Ketahanan pangan identik dengan ketahanan negara. Kalau krisis ekonomi itu kita mampu bertahan, kita bisa lewati. Krisis kesehatan, Covid-19 kita lewati, tetapi kalau krisis pangan bisa berdampak pada lainnya," katanya.

Untuk itu pemerintah mulai fokus bertranformasi dari pertanian tradisional ke modern dalam mendukung ketahanan pangan nasional. 


Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta agar pertanian di daerahnya melakukan modernisasi alat pertanian dan mengembangkan produk pertaniannya.

"Petani milenial itu jangan hanya tanaman saja yang dilihat, tetapi alatnya juga harus mendukung. Alatnya harus canggih, yang mengikuti perkembangan zaman," kata Ngarsa Dalem.

Pemerintah sendiri berupaya untuk mengubah paradigma pertanian tradisional menjadi modern, tetapi tetap memberi prioritas tinggi bagi kesejahteraan petani. (mcr25/jpnn)

Kementerian Pertanian dan Pemprov DIY mendukung kemajuan di sektor pertanian melalui transformasi.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia