Keraton Jogja Gelar Hajad Dalem Labuhan, Penutup Ulang Tahun Kenaikan Takhta Sultan HB X

Selasa, 13 Februari 2024 – 07:01 WIB
Keraton Jogja Gelar Hajad Dalem Labuhan, Penutup Ulang Tahun Kenaikan Takhta Sultan HB X - JPNN.com Jogja
Prosesi Labuhan Keraton di Pantai Parangkusumo pada Minggu (11/2). Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Hajad Dalem Labuhan Keraton Yogyakarta digelar di Pantai Parangkusumo, Kretek, Kabupaten Bantul pada Minggu (11/2).

Gelaran Hajad Dalem merupakan rangkaian penutup Ulang Tahun Kenaikan Takhta Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam hitungan kalender Jawa pada 29 Rejeb atau bertepatan 10 Februari 2024. 

Selain di Pantai Parangkusumo, prosesi Hajad Dalem juga dilaksanakan di Gunung Merapi dan Gunung Lawu pada Senin (12/2).

Budi, salah seorang Abdi Dalem mengatakan prosesi ini rutin digelar setiap tahunnya.

“Kegiatan labuhan ini kan rutinitas setiap tahun yang jatuh pada bulan ruwah. Artinya, kegiatan ini juga mengawali menjelang bulan puasa dan sebagai tanda rasa syukur keraton. Jadi, tidak menyimpang dari aturan agama. Dari pihak keraton itu memakai yang utama memang agama dan kedua budaya,” kata Budi.

Labuhan sendiri memiliki tujuan sebagai upaya panyuwunan (permohonan), atur panuwun (ucapan terima kasih), napak tilas (mengenang kembali) dan memayu hayuning bawana (memperindah dunia).

Kurang lebih 30 ubarampe atau perlengkapan dalam prosesi ini berisikan antara lain perangkat pakaian hingga potongan rambut dari Sri Sultan disiapkan. 

Kemudian, ubarampe labuhan terdiri dalam tiga jenis wadah sesaji yakni Pengajeng, Pendherek dan Lorodan Ageman Dalem.

Keraton Yogyakarta menutup rangkaian ulang tahun kenaikan tahta Sri Sultan HB X dengan prosesi Labuhan Keraton.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia