Tak Ada Penutupan Jalur Meski di Bukit Bego Rawan Kecelakaan

Sabtu, 24 Februari 2024 – 19:02 WIB
Tak Ada Penutupan Jalur Meski di Bukit Bego Rawan Kecelakaan - JPNN.com Jogja
Truk mengalami kecelakaan di bawah Bukit Bego, Imogiri, Bantul pada Rabu (18/10). Foto: Humas Polres Bantul

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak akan menutup jalur bus pariwisata dari Imogiri menuju kawasan Mangunan, Bantul, meskipun sering terjadi kecelakaan di tikungan Bukit Bego.

Kecelakaan terakhir terjadi di tikungan Wanagama Bawah Bukit Bego pada Kamis siang (8/2) yang melibatkan sebuah bus pariwisata. Kecelakaan itu menewaskan tiga orang dan belasan penumpang lainnya luka-luka.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Rizki Budi Utomo mengatakan larangan agar bus pariwisata tidak melintas di sana, bukanlah solusi yang tepat.

Pasalnya, kawasan Bukit Bego Jalan Imogiri-Mangunan memang menjadi jalur utama yang sering dilalui rombongan wisatawan dari Tebing Breksi ke Puncak Becuci, kemudian Pantai Parangtriris atau sebaliknya.

"Menurut teman-teman di pariwisata pola paket travelnya memang seperti itu. Ada yang dari Breksi, Becici, dan berakhir di Parangtritis atau sebaliknya," ujar dia.

Menurut Rizki, yang terpenting adalah agar penyedia jawa pariwisata rutin mengecek kendaraan mereka. Bus harus dalam kondisi sehat dan lolos uji kendaraan bermotor (KIR).

Selain itu, dalam waktu dekat Dishub DIY akan memasang 15 rambu peringatan tambahan di kawasan Bukit Bego.

"Kami identifikasi ada sekitar 15 rambu yang mungkin bisa kami pasang. Bisa dari kami atau teman-teman Bina Marga yang memasang," kata Rizki.

Pemerintah DIY tidak akan menutup jalur Imogiri-Mangunan bagi bus pariwista, meskipun di kawasan itu sering terjadi kecelakaan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia